Rabu, 16 Maret 2011

CITY TOUR (Part 2)

5. Eko Wisata Mangrove
Saya biasa sebut daerah ini hutan bakau. Ini termasuk tempat favorit saya,
tapi sayangnya tempatnya agak jauh dari rumah. Belum lagi akses kesana juga belum bagus. Setelah masuk daerah STIKOM, jalannya sih sepi, enak dan adem banget. Tapi masuk lagi lurus, jalannya makin sempit dan kalo hujan jadi becek dan ketutup lumpur.

Dari gapura masuk yang dibikin dari bambu dan atap alang-alang itu, kita masih harus masuk ngelewatin jalanan berbatu-batu, bergelombang, sempit pula, yang kalo musim kemarau pasti berdebu dan kalo pas musim hujan beceknya minta ampyun. Kalo kesana pas hujan, mobil dan motor jadi kayak habis dipake offroad deh.

Perjalanan yang panjang dan berliku tadi finishnya ya di pangkalan perahu. Disitu ada tempat duduk-duduk kaya gubuk bambu. Di gubuk itulah kita nunggu kalo misalnya pengen naek perahu ke tengah laut, karcis perahu per orang Rp. 25.000. Buat yang dateng rombongan dan nggak telaten nunggu perahu, sah aja kok kalo mau sewa speed boat yang bisa 6 orang, tapi lebih mahal dari naek perahu pastinya… Rp 300.000,

Dengan perahu mesin yang kalo penuh bisa keisi sampe 20 orang, perjalanan ke hutan bakaunya sendiri sekitar 20-30 menit. Nggak tau kalo pake speed boat, soalnya saya nggak pernah nyoba, mahal sih.. Tapi pastinya lebih cepet nyampenya. Asiknya, kita nggak langsung diturunin ke dermaga, tapi diajak muter dulu sampe ke tengah laut trus ngepot belok kanan putar balik ke dermaga.

Dari dermaga ini kita musti jalan ngelewati jembatan bambu yang panjaaaaaang banget sampe ke pos pantau yang ada di tengah laut (ya nggak tengah-tengah banget sih, tapi nggak di pinggir juga). Ya di pos pantau inilah tempat yang enak buat nengkri sambil bengong. Yang lagi patah hati trus bingung nyari tempat buat bunuh diri, mungkin ini juga tempat yang pas. Soalnya tinggi pos pantaunya sekitar 10 meter dari permukaan air laut. Tapi pikir lagi deh buat yang mau bunuh diri, ya kalo mati ato langsung dimakan hiu, lha kalo nggak kan malah malu. Soalnya disini bukan pantai karang, tapi bawahnya cenderung berlumpur, makanya air laut disini nggak jernih, tapi coklat buthek. Trus karena nggak ada karang, jadi ya nggak banyak ikan gedenya.

Saat ini pos pantau baru 3, lokasinya nggak jauh satu sama lain. Yang paling deket, dari dermaga jalan lurus, belok kiri, lurus lagi, trus belok kiri, nyampe deh di pos 1. Kalo mau yang agak jauh, di tengah jalanan lurus ada belokan ke kanan, belok aja ikuti terus sampe deh di pos ke 2 dan ke 3.

Nggak usah buru-buru ato takut ketinggalan perahu, soalnya perahu terakhir akan datang sekitar jam 4 sore. Tapi buat yang udah sewa speed boat tentunya bisa nentuin sendiri kapan mau pulang. Triknya biar nggak nunggu lama di dermaga, kita selalu bisa lihat perahu yang datang dari pos pantau, jadi kalo udah pengen pulang trus ada perahu yang lewat di tengah laut, sebelum perahunya ngepot buat puter balik ke demaga, ya tinggal turun aja.

1 hal yang musti diperhatiin kalo mau liburan kesini, bawa makanan sendiri sebanyak-banyaknya daripada kelaparan. Di demaga 1 ada warung, tapi ya cuman seadanya. Di dermaga yang satunya juga ada 1 orang yang jualan. Jualannyapun juga seadanya, nggak jauh-jauh dari gorengan, pop mie, air minum, rokok. Jadi kalo kesini, niatin aja piknik, bawa rantang sendiri, makan deh di tengah laut. Udah liburan asik kan?!?

6. Surabaya Heritage Track
Ini salah satu menikmati city tour yang asik banget. Serasa kita kayak tour dimanaaa gitu. Untuk ikut tour keliling kota Surabaya terutama daerah utara ini kita daftar dulu ke House of Sampoerna di Jl. Taman Sampoerna ato deket daerah Jembatan Merah Plaza (JMP) GRATIS!!! Tapi kalo misalnya mau jalan sendiri, kayaknya bisa kok langsung dateng trus daftar disana, nggak pake reservasi dulu. Reservasi diharuskan buat yang rombongan aja.

Enaknya ikut SHT ini, kita diajak klinong-klinong napak tilas sejarah Surabaya. Bisnya kecil tapi bagus dan AC, ada tour guidenya pula. Lebih asik kalo ikut SHT pas bulan Nopember, soalnya rutenya lebih panjang. Nih saya sempat catet jadwal sama rutenya. Senin puasa tour ya…

Rute pendek sekitar 1 – 1.5 jam (Selasa – Kamis): HoS – Tugu Pahlawan – PTPN XI – HoS
Rute panjang sekitar 1.5 – 2 jam (Jum’at – Minggu): HoS – Tunjungan – Balai Kota/Taman Surya – Gedung Kesenian Jawa Timur – PTPN XI – HoS
Ada 3x pemberangkatan, yaitu : jam 10.00 WS (waktu Surabaya), jam 13.00 WS dan 15.00. Jangan lupa bawa cemilan dan air minum ya, biar nggak kelaperan. Ikut SHT saya lebih seneng yang pagi, saya masih seger tour guidenya juga masih fresh.

HoS ngadain SHT tu mulai ada sejak 2009, dan maksudnya untuk ngenalin sejarah Surabaya dan gedung-gedung tua peninggalan jaman kolonial yang masih tersisa. Semuanya gratis, dan swadaya alias murni dari kantong HoS untuk operasionalnya. Salut deh buat usahanya, pemerintah aja nggak kepikiran sampe kaya gitu kan? Anak-anak sekolah kayaknya wajib deh ikut SHT, biar nggak bosen belajar sejarahnya. Paling nggak kalo pas lewat depan JMP, nggak cuma tau mallnya aja tapi juga tau kalo taman Jayengrono yang ada di depannya tu dulu dipake buat perang arek-arek Suroboyo vs tentara sekutu. Di sebelahnya juga ada gedung Internatio, trus ada gedung cerutu, dll.

Selesai tour jalan-jalan dulu ke museum, asik lho liatin ibu-ibu dan mbak-mbak yang lagi nglinting rokok pake alat yang masih tradisional banget. Sampe ada tuh yang goyang-goyang tubuhnya ngikutin suara musik yang diputer kenceng. Kata temen saya yang ibunya pensiunan Sampoerna, yang ditaruh di museum adalah orang pilihan, trus dari ratusan yang terpilih masih dipilih lagi pake saringan paling kecil buat ditempatkan di dalem kotak kaca di lantai 2 museum. Jadi mbak-mbak yang disitu dipajang kayak krupuk.

Eits, jangan pikir kalo buruh pabrik tuh kusem, dekil bin kucel ya… Mbak-mbak yang disitu tu keen bin mbois lho.. Pake lipstik ada yang sampe monyo-monyo gitu. Malah ada yang poliandri segala (iiih penting gak sih gosipnya?!?) Buat yang pengen belanja oleh-oleh khas HoS bisa dibeli di lantai 2, tapi di lantai 2 kita nggak boleh foto-foto. Kita cuman boleh ngelihatin aja mbak-mbak ma ibu-ibu yang lagi kerja di lantai bawah. Soalnya itu kan kegiatan pabrik, jadi mungkin termasuk rahasia perusahaan kali ya…

Pulang dari HoS, tinggal jalan aja, ato kalo males jalan naek becak yang ngelewatin gang dengan tembok tinggi di kanan kirinya, nyampelah di Jembatan Merah Plaza (JMP). JMP ini bisa jadi jujugan kalo mau bikin kebaya ato kain lainnya. Saya juga sering beli sprei dan bed cover murah kok disini. Saya dulu cari kain kebaya plus jahitinnya disini juga kok. Tinggal pilih aja yang cocok di hati dan kantong.


7. Kenjeran
Siapa coba yang nggak kenal Kenjeran? Sama dengan Ancol di Jakarta, Kenjeran juga salah satu ikon Surabaya. Kenjeran ada 2 lokasi. Ada Kenjeran lama dan Kenpark atau Kenjeran baru.

Kenjeran lama sama seperti wisata pantai lainnya. Pantainya los langsung, pasirnya hitam legam, banyak perahu yang disewakan nelayan buat yang pengen ke tengah laut. Banyak mainan anak-anak, sentra PKL dengan makanan khas Surabaya seperti lontong balap, sate kerang, lontong kupang, es degan, dll. Enaknya di Kenjeran lama, kita bener-bener nikmatin suasana pantai meskipun areanya tertutup dan untuk masuk ada bea masuk Rp. 2000,-.

Kenpark atau Kenjeran baru letaknya lebih strategis, karena pas di Jl. Raya Kenjeran. Pintu masuknya ada di pojokan jalan dan eyecatching. Disini dulu mungkin maksudnya mau dibikin kaya Ancol dengan Dufannya. Tapi nggak tau kenapa kok malah mangkrak. Padahal di dalamnya banyak fasilitas yang bisa jadi one stop entertainment and sport lho.. Ada sirkuit balap, tempat pacuan kuda, lapangan indoor yang gede banget, kolam renang, hotel melati yang akhirnya malah terkenal jadi hotel esek-esek, kuil buat sembahyang, taman bermain anak yang luas, juga patung Budha 4 rupa terbuat dari emas yang merupakan replika patung Budha di Thailand, ada juga tempat buat nengkri di pinggir pantai buat yang pengen pacarannya sok romantis. Biarpun airnya buthek yang penting kan pinggir pantai to…

Kalo masuk ke Kenpark kena karcis Rp. 5.000 di pintu masuknya. Yang khas dari tempat ini, banyak banget pasangan yang balapan cari tempat sepi dan tersembunyi buat mojok berduaan. Bahkan pernah lho saya lihat ada yang parkir motor di bawah pohon deket tribun yang udah nggak kepake, tapi orangnya nggak tau kemana. Makanya nggak heran kalo di tempat ini sering ada grebekan ato razia dan preman yang malakin pasangan yang lagi asik mojok di gelap-gelapan. Jadi buat yang punya niat gituan, ati-ati ya… hihihihi

Lepas dari orang-orang yang manfaatin tempat ini buat mesum, tetep aja kalo minggu siang rame banget. Saya aja sering ngajak ponakan dan keluarga kesini kalo mereka ke Surabaya. Lumayanlah murah meriah semua gembira puas pula.

8. KBS (Kebun Binatang Surabaya)
Ini adalah ikon Surabaya yang paling terkenal. Di depan KBS ada patung ikan hiu dan buaya yang kondang. Bahkan siapapun yang bikin dokumentasi di Surabaya, pasti dateng ke patung ini dulu. Konon KBS adalah kebun binatang terbesar di Asia Tenggara pada jaman dulu, nggak tau sekarang masih nggak ya?

Jalan ke KBS cukup Rp. 10.000,- untuk tiket masuk. Kalo jaman dulu cuman selembar karcis, sekarang udah pake gelang kertas yang dililit di pergelangan. Padahal saya lebig suka karcis, soalnya saya kan suka ngumpulin karcis dari tempat-tempat yang pernah saya datengin, meskipun di kota sendiri.

Dateng ke KBS tu enaknya kalo nggak musim hujan. Kalo datengnya pas musim hujan, bisa-bisa saya mabok bau ngik ngoknya binatang disana. Juga jangan dateng pas musim liburan sekolah. Walaaaaah parkirnya susah, masuknya antri panjang, udah gitu di dalemnya juga rame, banyak anak kecil. Maklum yang kesini kalo pas lburan sekolah adalah keluarga besar yang dateng dari luar Surabaya. Jadi disitu udah kayak piknik, pake gelar tiker, trus bawa rantangan sendiri.

Sayangnya KBS sekarang nggak kaya dulu, binatangnya nggak sebanyak dulu, banyak yang mati. Malah ada museum binatang yang diawetkan. Ada macan, ular, ikan lele raksasa, monyet, kecil, monyet imut, musang, burung juga ada. Meskipun kesian, tapi masih mendinglah bisa dilihat dan diajak foto bareng.

Klinong-klinong KBS bisa makan waktu seharian lho… Coba aja naek perahu Rp. 6.000/orang, ato liatin anak-anak maen flying fox. Sebenarnya saya pengen ikutan, tapi apa daya, ternyata cuma buat anak kecil doang… Bisa-bisa ambleg kalo badan saya yang segedhe gaban gelantungan kaya tarzan gitu. Kalo lagi ke KBS saya suka naek perahu, trus nongkrong di deket pulau monyet. Selain teduh karena banyak pohon, disitu juga nggak bau-bau banget, trus asik aja liatin monyet bertingkah. Belum lagi serunya ngeliatin orang ato anak-anak yang sok-sokan ngasih makan, tapi giliran monyetnya deket ngulurin tangan buat ngambil, ehhh malah manusianya yang kabur. Hahahahahaha..

Naaaahhh… sekarang punya ide buat city tour Surabaya kan… Sah-sah aja kok kalo mau nyontek liburan ala saya yang model kere gitu… Maklum, saya kan cewek, jadi udah kodratnya buat nerapin prinsip ekonomi… Yang penting kan ati seneng, otak fresh, bisa ketawa, tapi pulang nggak nangis bombay gara-gara kantong bobol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar