Selasa, 08 Maret 2011

CITY TOUR (Part 1)

Siapa bilang city tour atau tour dalam kota sendiri nggak menarik. Saya beberapa kali menjelajah tempat-tempat wisata di Surabaya yang nggak kalah asoy dan bikin saya fresh. Menurut saya inti dari liburan adalah melarikan diri dari rutinitas. Meskipun cuma sekedar duduk-duduk di taman ditemani sebungkus krupuk upil dan segelas air mineral sambil melihat orang yang wara-wiri adalah sebuah liburan buat saya.

Ada beberapa alternatif yang bisa dijadikan referensi kalau Anda pengen city tour
di Surabaya.
1. Kebun bibit atau Taman Flora
Coba deh, minggu pagi ke kebun bibit atau yang sekarang beken dengan nama taman flora. Segernya menghirup udara pagi… Ada jogging track, tempat nongkrong dibawah pohon, hot spot, sentra PKL, perpustakaan mini, aula, kolam ikan, juga kebun binatang mini (isinya burung, monyet, ikan, kebanyakan rusa tutul dan rusa bawean).

Kalau niatnya cari tempat adem dan tenang, jangan dateng minggu siang, berisik banget. Banyak anak-anak kecilnya. Apalagi buat yang masa kecilnya kurang bahagia, trus gedenya pengen kaya anak kecil. Masak mau rebutan ayunan aro jungkat-jungkit sama anak balita… Nggak lucu kan kalo dipelototin sama emaknya?
Yang mau jogging saran saya, jangan ke daerah yang pojok barat daya deh, bau sampah yang dikumpulin di rumah kompos bisa bikin mabok. Trus jangan lupa pake sepatu ato sandal yang solnya anti selip, soalnya kalo habis hujan jogging track dan tanahnya agak licin.

Yang bikin saya suka sebel, disini nggak ada tempat parkir yang letaknya diluar. Jadi banyak banget mobil dan motor yang masuk. Kayaknya ini PR buat siapapun pengelolanya, please sediain tempat parkir yang letaknya diluar area, biar aktifitas yang didalam nggak terganggu. Niatnya cari udara bersih, tapi kalau banyak mobil dan motor yang seliweran kan nggak asik jadinya. Mana disitu kan banyak anak kecil adu kenceng lari sambil teriak.

2. Taman Bungkul
Mungkin ini taman yang terkenal di Surabaya. Letakknya juga strategis, di tepi jalan utama yang membelah kota Surabaya (jiah… emang duren, dibelah?!??. Taman bungkul juga merupakan pioner dari taman-taman laen yang sekarang menjamur di Surabaya. Dulu paling sering jadi jujugan karena baru disini ada hot spot gratisan.

Buat saya, yang menarik dari taman Bungkul adalah sentra PKL yang kemruyuk di belakang. Disitu ada rawon sama soto kalkulator yang maknyus banget. Buat yang kantongnya cekak tapi pengen jajan, disitu juga banyak yang jualan jajanan murah sebangsa cilok, jagung rebus, lumpia, dll.

Kalo pas malming, rame banget sama abg-abg, ada yang sekedar nengkri, pacaran, jalan-jalan sambil hunting tempat remang buat berduaan, maen skate board, bahkan maen bulu tangkis. Nah minggu paginya, buat yang hobi naik sepeda, disitu sering jadi tempat mangkal pecinta sepeda. Di tamannya sendiri juga ada ibu-ibu dan mbak-mbak bahenol lagi senam. Komplit pokoknya mah..

3. Taman prestasi
Taman yang letaknya jejer sama Kalimas ini cocok banget buat maen sama anak-anak. Sayangnya ponakan saya justru belum pernah saya ajak kesini. Soalnya dia ngajaknya kebun bibit terus..

Taman prestasi sekarang udah bagus dan rapi banget. Di dalam taman cuma ada orang dan anak-anak lagi main. Parkir dan PKL udah ada tempatnya sendiri, diluar taman. Sip dah pokoknya. Malah sentra PKLnya ada yang model foodcourt. Buat yang hobi makan bakso, disitu ada bakso Ketabang Kali yang terkenal edhos. Buat yang belum pernah naik pesawat ato naik perahu, dateng aja kesini. Ada pesawat dan perahu kayu yang lagi parkir yang bisa dinaiki (yang penting kan mereka pernah ngerasain naik pesawat dan perahu). Tinggal foto aja kan, trus pamerin dah ke orang-orang.

4. Monkasel dan sekitarnya
Monkasel (Monumen Kapal Selam) terletak di tengah kota, diapit Kalimas dan Surabaya Plaza. Monumen ini eye catching soalnya emang cuma ini kapal selam yang nggak nyelam tapi nangkring disebelah mal. Tiket masuknya cuma beberapa ribu (kalo nggak salah inget sih 5.000 perak). Halamannya bersih dan rapi. Masuk monkasel, serasa ngalamin sensasi dalam kapal selam (ya iyalah…). Biarpun cuma masuk bangkai kapal, tapi dijamin nggak bau, dijamin juga kita bisa sombong pernah naik kapal selam (kalo nggak mau dikatain jayus sih monggo..)

Yang saya paling suka di spot monkasel ini justru diluarnya. Saya suka menikmati suasana di pinggir Kalimas. Keluar kapal selam, turun tangga yang menuju ke sungai, ada payung-payung dengan tempat duduk yang asoy banget buat nongkrong sambil baca buku ato sekedar bengong sambil ngeliatin mobil dan orang-orang seliweran, ato orang lagi mancing. Duduk disitu bikin saya ngerasain atmosfir lain ditengah hiruk pikuk Surabaya. Di satu sisi ada lalu lintas padet, orang seliweran, klakson sahut-sahutan, tapi saya juga merasakan ketenangan, dan saya menikmati keruwetan disekitar tanpa merasa bahwa saya juga bagian dari hiruk pikuk itu. Dan disini pula saya merasakan seperti yang saya rasakan saat saya berada di Ubud, Bali. Saya kok merasa sedikit lebih nyeni, puitis romantis dan melow jellow.

Di seberang Monkasel, ada café Tirta Boga. Tempatnya asoy buat nengkri kalo malem. Menurut saya tempat ini emang dibikin buat yang lagi nge-date deh.. Soalnya lampunya cuma lampu teplok atau lampu minyak. Ada 2 jenis tempat duduk, yang sebelah kiri ada payung-payung besar dengan kursi, yang sebelah kanan ada tenda sarnofil yang diisi 2 meja kecil tanpa kursi alias model lesehan ngesot.

Rata-rata yang dateng kesitu pasangan, atau rombongan gaul. Maklum tempatnya emang rada-rada romatis gitu. Bayangin aja duduk berdua dengan pemandangan sungai, kelap-kelip lampu kota, dan angin sepoi-sepoi. Makanan yang bikinnya ngawur dan rasanya nggak ngalor nggak ngidulpun pasti jadi kelupaan. Soalnya emang menurut saya disitu jual suasana. Tapi jangan kuatir, makanan disitu enak dan harganya masuk akal kok. Cobain aja pisang bakarnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar