Rabu, 23 Maret 2011

Garam Untuk Kecantikan

Garam sudah terkenal khasiatnya sejak ribuan tahun lalu. Berikut berbagai macam manfaat garam selain sebagai penyedap masakan.
- 1 sdt garam yang dilarutkan dalam segelas air hangat mampu menjadikan gusi lebih kuat dan membantu memutihkan gigi.
- Berkumur dengan air garam dapat menghilangkan sakit kerongkongan.
- ¼ sdt garam dan ½ liter air hangat dapat mengurangi mata lelah. Tinggal kompres mata dengan larutan tersebut.
- ½ liter air panas yang dibubuhi 1 sdt garam, untuk menghilangkan kantung sekitar mata
. Celupkan kapas dalam larutan, letakkan kapas pada mata, berbaringlah dan relaks.
- Untuk merangsang kulit kepala dan menghindari ketombe, buat adonan 1 cangkir garam campur 5 sdt air. Gosokkan pada kulit kepala, biarkan 5 menit, keramas seperti biasa.
- Untuk membersihkan kulit, campur garam dengan minyak zaitun dengan perbandingan 1:1. Oleskan pada wajah dan lakukan massage (pijatan) dengan gerakan vertikal ke atas. Biarkan 5 menit, hapus dengan handuk. Cuci dengan sabun lembut dan bilas dengan air.
- Buat racikan berikut : Sebarkan garam di panci datar. Basahi dengan sedikit alkohol, cologne dan beberapa sdt sari buah. Biarkan sebentar sambil sesekali diaduk, sampai alkohol dan parfum menguap, simpan racikan dalam tempat tertutup. Berendam dalam air hangat yang sudah diberi racikan ini berguna untuk menghilangkan lelah, ketegangan dan merangsang peredaran darah.
- Rendam kaki yang sakit dan pegal dalam air hangat yang dibubuhi segenggam garam. Pijat-pijat dan gosok perlahan agar kulit yang kering dapat terangkat, lalu keringkan kai. Ini juga bermanfaat untuk membersihkan dan melencarkan peredaran darah
- Untuk memar dan keseleo, kompres bagian yang memar atau keseleo dengan campuran (2 sdt garam +1 cangkir air hangat + 1 sdt cuka).
- Menghilangkan bisul yang tak kelihatan, larutkan 1 sendok teh garam Epsom (garam yang mengandung magnesium sulfat) dengan 1 sdm garam biasa dalam secangkir air mendidih. Pakai sebagai kompresan panas.
- Kalau mempunyai noda yang tidak menyenangkan, panaskan garam dapur kasar dalam kuali. Kalau sudah panas, tuangkan garam kering tadi ke dalam kaus kaki yang bersih. letakkan pada bagian noda, biarkan sampai garam menjadi dingin.
- Berendam atau mandi dengan air hangat yang diberi garam dapat menyegarkan badan dan melancarkan peredaran darah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar