Jumat, 18 Maret 2011

Sayuran Penurun Berat Badan

Menurut pengalaman saya, salah satu cara ampuh dan cepat untuk menurunkan berat badan adalah memperbanyak porsi sayuran dan buah, serta mangurangi karbohidrat dan gula. Tapi tentu saja diimbangi dengan olahraga teratur yang berfungsi untuk membakar kalori yang sudah terlanjur masuk. Sejak berniat menurunkan berat badan, saya memulai dengan mengurangi konsumsi nasi. Makan pagi saya buah, roti, dan susu. Makan siang 2 porsi sayur dan lauk dengan sedikit (sekitar 2-3 sdm) nasi. Sedangkan makan malam, saya samakan dengan makan siang.

Hari Minggu adalah hari merdeka, karena saya tidak terlalu memikirkan apa yang saya konsumsi.
Bukan sebagai bentuk balas dendam, namun untuk menyiasati agar saya tidak jenuh dengan pola makan. Dengan begini saya merasa tidak terlalu terbebani dengan kata “diet” yang menurut saya selalu punya konotasi mengekang nafsu makan dan nggak boleh makan yang enak-enak.

Sayuran favorit saya untuk “diet” menurut saya adalah:

Wortel. Kaya serat dan mineral, beta-karoten dan vitamin A, yang bagus buat mata. Sayuran ini juga termasuk manis, jadi jangan terlalu lama mengolahnya agar tidak kehilangan rasa manisnya.

Sawi putih, karena mudah disimpan, tidak mudah busuk – bisa tahan lama, sampai satu minggu disimpan di kulkas. Lagipula, harga sawi putih relatif murah; namun dari faktor kandungan gizi, sawi putih mengandung banyak vitamin dan mineral yang berguna.

Brokoli sering disebut sayur “super” yang sangat bermanfaat bagi kesehatan karena kandungan zat-zat phytochemical di dalamnya. Brokoli juga kaya akan beta-karoten, vitamin B1 dan vitamin C, folat, kalsium, zat besi, dan potasium, serat tinggi yang membantu melancarkan buang air besar.

Bakcoy/ sawi daging mempunyai daun berwarna hijau yang bagi yang bergolongan darah B merupakan jenis sayuran yang dapat membantu menurunkan berat badan. Sawi daging mempunyai tekstur yang tidak liat, bonggol yang gendut dengan daun bulat hijau sangat cantik disandingkan dengan nasi atau mie sekalipun. Sayuran ini juga gampang di mix and match dengan sayuran lainnya. Seperti sayur hijau lainnya, sawi daging mempunyai kandungan mineral yang cukup tinggi, termasuk zat besi yang sangat penting bagi tubuh.

Cabe. Imut tapi kaya manfaat. Kaya beta-karoten, vitamin A dan C, kalsium dan fosfor. Keunggulan cabe adalah, mampu meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Capcaisin, zat yang membuat cabe memiliki rasa pedas dan membakar lidah juga terbukti berfungsi sebagai penghilang rasa sakit, dan penelitian tentang ini masih terus dikembangkan.

Bawang putih. Menurut saya adalah bumbu super dan sakti. Kaya antioksidan sudah pasti. Selain itu, juga mengandung kalsium, saltivine, diallysulfide, belerang, protein, lemak, fosfor, besi, vitamin A, B1 dan C, juga minyak atsiri yang bersifat anti bakteri dan antiseptik. Bawang putih juga mengandung allicin dan aliin berkaitan dengan daya anti kolesterol, mencegah penyakit jantung koroner, tekanan darah tinggi dan lain-lain.

Sayuran diatas adalah kombinasi bagus untuk diet. Selain bisa menurunkan berat badan, juga bisa menjauhkan tubuh dari berbagai jenis penyakit dari ringan sampai berat. Inilah yang mendorong saya, memasukkan mereka dalam daftar belanja.

Bagi kita orang Indonesia mungkin akan terasa berat meninggalkan nasi, karena itulah trik ini saya terapkan. Kurangi porsi nasi sedikit demi sedikit, sampai kita tidak bergantung pada nsi dan bisa mematahkan pepatah “belum makan kalau belum makan nasi”. Bagaimana dengan Anda? Berani mencoba?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar